CONTOH REPORT PROGRESS WEB

Report akan menunjukkan bagaimana posisi website pada awal sebelum optimasi hingga berjalannya proses optimasi. Sebagai contoh di bawah ini adalah gambaran posisi website klinik RHE di Google Search. Tujuannya, agar dapat diketahui perkembangan/perubahan/progress dari optimasi website

Posisi Website

Per tanggal 18 Agustus 2025, posisi website RHE Klinik ada di halaman 3 Google Search (Lihat gambar).

Lebih Rendah

Posisi Website Klinik RHE di Google lebih rendah dibandingkan website RS. Santo Borromeus (rsborromeus.com)

Lebih Unggul

Posisi Website Klinik RHE di Google lebih unggul dibandingkan website RS. Permata Pamulang (rspermatapamulang.co.id)

Jumlah Pencarian di Google Search

Ini adalah metrik penting yang bisa digunakan sebagai sumber data untuk mengetahui sejauh mana performa website dari waktu ke waktu, hanya dari 3 indikator ini, pemilik website akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai pencarian dan juga jumlah pengunjung yang datang dari mesin pencari (Google)

Total Tayangan

Pemilik website dapat mengetahui jumlah seluruh tayangan yang menampilkan website miliknya ketika pengguna melakukan pencarian di Google.

Total Clicks

Melalui data ini dapat diketahui jumlah total klik yang terjadi di website dalam periode tertentu. Sekaligus progressnya dibanding periode yang sama

Pengunjung Unik

Ini adalah metrik pengunjung yang datang lewat google. Dari data ini dapat diketahui unique visitor yang terjadi, sehingga dapat menjadi bahan masukan yang berarti.

CTR & Posisi Rata-rata Web di Google

Salah satu metrik penting yang perlu diketahui oleh pemilik website. Data yang tersaji sangat berguna untuk mengidentifikasi progress yang terjadi di website dan mengambil keputusan yang tepat ke depannya.

CTR Rata-Rata

Dengan data yang tersaji, dapat diketahui apakah website telah cukup relevan dengan pengunjung.

Posisi Rata-Rata

Dengan performa yang terjadi selama kurun waktu tertentu, dapat diketahui bagaimana posisi rata-rata website di Google Search.

Perubahan Tren Pada Konten Web

Metrik ini akan menunjukkan perubahan tren yang mungkin berubah dari waktu ke waktu terkait dengan pencarian yang terjadi di Google Search dan Konten yang relevan dengan pencarian tersebut.

Teratas

Menunjukkan posisi konten website yang memiliki performa paling baik

Tren Naik

Menunjukkan performa konten yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu

Tren Turun

Menunjukkan performa konten yang cenderung menurun dari waktu ke waktu

Interaksi Pengunjung Di Website

Penyajian data ini penting bagi pemilik website agar dapat mengetahui bagaimana cara pengunjung berinteraksi dengan halaman website. Dengan begitu optimasi dilakukan dengan lebih baik

Pageview

Ini akan memberikan gambaran seberapa sering suatu halaman web dibuka oleh pengunjung.

Sessions

Ini akan memberikan gambaran seberapa banyak suatu kunjungan dihitung sebagai 1 sesi oleh Google

Engagement Rate

Ini akan memberikan gambaran mengenai bagaimana pengunjung berintraksi dengan website

Session Duration

Ini akan memberikan gambaran mengenai seberapa lama rata-rata sesi kunjungan berlangsung di website

Channel Datangnya Pengunjung

Data ini penting diketahui agar pemilik website mengetahui darimana sumber traffic mereka selama ini. Semakin banyak channel yang dioptimalkan semakin besar potensi kunjungan ke website. 

Statistik Kunjungan ke Website

Statistik kunjungan ini akan melengkapi pemahaman pemilik website akan performa yang terjadi di websitenya. Data yang tersaji akan memberikan gambaran mengenai bagaimana perilaku kunjungan ke website, termasuk misalnya apakah mereka pernah atau merupakan orang yang orang yang baru pertama kali berkunjung ke website tersebut.